Laman

Sunday 26 October 2014

TIPS: Makeup Sesuai Bentuk Mata ( Hooded Eyes )

Dalam kesempatan kali ini aku punya Tips Makeup Mata Sesuai Bentuk Mata Untuk Hooded Eyes yang aku harap bisa cukup berguna untuk teman - teman. Dan buat kalian yang mungkin punya Hooded Eyes tapi masih belum yakin Hooded Eyes itu yang gimana sih? jadi aku bakalan kasih tau dulu Hooded Eyes itu gimana.


http://vindhavannelly.blogspot.com/2013/05/tips-tips-menggunakan-eyeshadow-yang.html



Hooded Eyes itu adalah bentuk mata yang pada dasarnya punya lipatan mata, hanya aja kalo mata dibuka lebar biasanya akan kelihatan kelopak mata yang tampak gemuk/bengkak bakalan nutupin lipatan mata itu dan kadang - kadang buat si pemilik mata Hooded ini mikir kalo matanya itu sipit/mono lid padahal sebenarnya buka sipit, terus Hooded Eyes itu juga ada beberapa bentuk, ada yang Hoodednya sampai ke bulu mata, ada juga yang cuma sampai nutupin lipatan mata. Kalau Hooded Eyesku ini adalah yang sampai kebulumata :)

Jujur aja selama ini aku selalu kesulitan untuk dandani mataku yang hooded ini karena pakai eyeshadow dengan bentuk sederhana malah kelihatan aneh, pakai eyeliner yang biasa aja kelihatannya aneh, eyeliner yang dibuat ada ekornya diujung juga jadinya aneh, udah gitu aku suka ngerasa aku nggak cocok pakai eyeshadow yang ada shimmernya karena buat mataku kayak bengkak. Jadi emang suka serba salah, tapi setelah aku sering - sering latihan dan eksperimen mana sih makeup mata yang bisa buat mata Hoodedku supaya nggak kelihatan Hooded banget? juga sering cari - cari tips digoogle dan liat makeup para artis yang punya mata Hooded kayak Paris Hilton, Blake Lively, Jennifer Lawrence, sekarang aku udah agak legah karena udah bisa ngakalin bentuk mataku ini dengan makeup sekalipun nggak ngerubah bentuk Hooded Lidku, jadi hari ini aku bakalan bagiin tipsnya buat kalian semua ^^.

Eyeshadow

Untuk mata Hooded sebaiknya hindari eyeshadow yang mengandung shimmer sekalipun aku sendiri emang suka banget sama eyeshadow yang ada shimmernya dan ada baiknya pilih aja eyeshadow yang warnyanya matte. Soalnya kalau shimmer eyehadow itu akan ngasih bayangan cahaya yang nantinya bakalan buat mata Hooded kamu itu jadi lebih menonjol,dan kelihatan bengkak, sementara kalau yang matte akan menyerap cahaya, jadi bisa lebih mengurangi bentuk Hoodednya mata kamu.




Digambar diatas aku punya dua warna eyeshadow yang sama, tapi yang satunya matte dan yang satunya lagi ada shimmernya, terus aku aplikasiin eyeshadow dengan shimmer dikelopak mata sebelah kiri dan matte disebelah kanan. Dan bisa dilihat mata sebelah kiri kelihatan lebih menonjol dibandingkan mata yang sebelah kanan.




Kayak biasanya buat kalian yang terbiasa pake lebih dari satu warna eyeshadow, tau kalau langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan warna eyeshadow yang lebih gelap, disini aku juga akan aplikasiin dua warna yang sama tapi tentu aja yang satu matte dan yang satunya lagi shimmer. Aku aplikasiin warna gelap inidibagian sudut luar mata aku terus aku baurkan kedalam untuk ngebentuk ilusi disekitar garis mata dan diarea sudut luar mata aku.

Dari hasil yang bisa dilihat warna gelap dengan shimmer disebelah kiri buat mata Hoodedku jadi kelihatan lebih Hooded dan kayak bengkak habis bangun tidur XD, sedangkan yang sebelah kanan kelihatan banget perbedaannya dengan yang sebelah kiri. Yang kanan lebih enak dilihat sekalipun bentuk Hooded nya nggak berubah, karena kita lagi nggak sedang pengen ngerubah bentuk Hoodednya mata kita, tapi lebih ke ngasih efek mengurangi :)



Yang terakhir aku ambil eyeshadow yang warnanya hitam, yang satu matte yang satunya lagi ada shimmernya, aku pakai warna ini untuk buat kesan dalam buat mataku dan supaya kelihatannya mataku lebih naik aja, tapi kayak waktu pertama kali pakai tiga warna eyeshadow dan masih nggak tau trik untuk bentuk mataku, salah - salah malah jadi kelihatan makin turun dan aneh untuk yang sebelah kiri, sementara yang sebelah kanan bisa dilihatkan perberdaannya? LOL.

Eyeliner

Untuk eyeliner, aku sering banget ngerasa nggak cocok dengan bentuk eyeliner apapun termasuk yang nggak ada ekornya diujung karena suka kelihatan aneh, eyelinerku cuma suka kelihatan pas aku merem, tapi kalau aku buka mata eyelinerku cuma kelihatan ujungnya aja, aku pernah nyoba yang digambar tebal sama kayak bentuk eyeliner yang aku aplikasiin ke klien aku yang punya mata sipit, tapi malah dimataku kelihatan aneh, mending skalian tambahin eyeshadow warna coklat aja kan untuk makeup smokey, tapi akhir - akhir ini aku nemuin bentuk eyeliner yang pas dimataku yang ala korea, yaitu tigh-line/mengaplikasiin eyeliner diwaterline atau cuma disekitar area tumbuhnya bulu mata, setelah itu terserah mau dikasih ekor apa nggak :D



Bisa dilihatkan gimana bentuk eyenerku dimata sebelah kiri, cuma kelihatan ujungnya doang soalnya ketutup tuh sama kelopak mataku yang Hooded. Kalau dimata yang sebelah kanan itu adalah hasil tigh-line, aku sengaja nggak buka lebar mataku supaya kalian bisa lihat kalau eyelinernya itu cuma diarea waterline dan sepanjang garis tumbuhnya bulumataku yang juga ngebantu ngasih efek bulu mata yang tebal dimataku. Setelah aku ngerasa pas dengan cara pemakaian eyeliner yang kayak gini aku jadi jarang banget aplikasiin eyeliner dibagian atas bulu mata yang selalu kelihatan nggak cocok dimataku menurutku kecuali kalau pas aku lagi pake scott mata aja :).

Untuk eyelinernya sih sebenarnya yang aku pakai maybelline gel eyeliner, tapi nggak tau kenapa yang ku foto kok malah pensil eyeliner. hehehe...

Bulu Mata

Untuk bulumatanya sendiri, sebenarnya kita perlu bantuan bulu mata palsu dan paling bagus yang bentuknya lebih panjang diujung untuk efek cat-eye ( katanya mbah google ), tapi berhubung aku yakin ada juga diantara kalian yang sama kayak aku, sama - sama nggak suka bulumata palsu XD, jadi kita bakalan bermain sama maskara aja. OK?


Di mata yang sebelah kiri, itu adalah banyaknya pengaplikasian mascara yang biasa aku gunakan sehari - hari, yaitu cuma dengan satu kali mengaplikasian untuk bulu mata atas dan bawah.

Sementara yang sebelah kanan bisa kelihatan tebal gitu adalah karena sebelumnya aku pakai eyeliner disepanjang garis tempat bulu mataku tumbuh, dan bisa kelihatan panjang itu karena aku aplikasiin mascara dengan cara berulang - ulang tanpa harus nambahin produk diaplikatornya sampai bulu mata kelihatan lebih panjang^^, sedangkan untuk bulu mata bagian bawah itu adalah hasil dari dua kali pengaplikasian.

Under Eye Eyeliner




Selama ini sih jujur aja aku bukan penggemar eyeliner bawah, tapi mungkin aja ada diantara kalian yang suka eyeliner bawah, aku punya saran kalaupun mau pakai eyeliner dibawah mata setidaknya aplikasiin di water-line bukan dibagian bawah bulu mata, emang sih mata jadi jauh kelihatan lebih gede, tapi jadi kelihatan lebih turun apa lagi untuk yang punya bentuk mata "sedih" , hooded, dan yang bentuk matanya lebih menonjol kebawah :)

High-Light

High-light adalah langkah dimana kita ingin menonjolkan sesuatu dari bagian wajah kita, dan biasanya high-light itu aplikasiin di tulang pipi, tulang hidung, sudut dalam mata, dan tulang alis. Tapi untuk Hooded Eyes, high-light ditulang alis harus hati - hati supaya nggak mengenai kelopak mata yang Hooded itu. Selama ini aku sendiri sering melakukan kesalahan waktu meng high-light tulang alis aku karna waktu aku aplikasiin high-light aku biasanya sambil angkat kening aku, jadi waktu aku turunkan kening aku ternyata high-lightnya udah sampai ke Hooded Lid aku :( tambah lagi high-lightnya pakai eyeshadow yang shimmer






Untuk trik yang satu ini aku dapat dari youtube, dimana high-lightnya bisa degan menggunakan consealer yang lebih terang dari warna kulit ditulang alis dan tentunya nggak boleh banyak dan cara pengaplikasiannya itu harus dengan mata terbuka lebar dan mengarah lurus ke cermin supaya bisa ngeliat batas Hooded Lidnya, jadi nggak akan lari ke kelopak mata yang Hooded itu, dan aku juga pakai consealer yang sama untuk bagian sudut dalam mata. Bisa dilihat kan perbedaan high-light mata yang sebelah kiri sama kanan?

Yang sebelah kiri kelihatan nonjol banget, sementara yang sebelah kanan bentuk Hoodednya mataku nggak begitu kelihatan sekalipun aku udah buka mata selebar mata sebelah kiriku :)

Hasil Akhir




Skarang secara keseluruhan, bisa dilihat perbedaan yang jauh antara mata sebelah kiri dan kanan?

Yang sebelah kiri emang kelihatan lebih gede matanya, tapi bentuknya turun dan kelopak mataku yang Hooded kelihatan banget nutupin lipatan mataku itu semua kerena eyeshadow yang digunakan ada shimmernya, mataku juga kelihatan nggak segar dan kayak orang yang baru bangun tidur. LOL
Yang sebelah kanan kelihatan lebih segar, mataku kelihatan jauh lebih naik dibandingkan yang sebelah kiri. Terus bisa dilihat juga eyeshadow yang matte justru bekerja lebih baik untuk jenis mata yang kayak aku ini, bulu matanya juga kelihatan lebih nutupin bentuk aslinya mataku, dan buat mataku juga kelihatan lebih gede ^^

-------------------------------------------------------------------

Di foto diatas aku nggak makeupin wajah aku, nggak pake bedak, BB cream, CC cream, apalagi foundatiun, soalnya aku lagi gencar -gencarnya pengen basmi jerawatku. LOL

kalau untuk bibir aku pake dua produk dibawah ini



Pertama, aku aplikasiin gel tint dari in2it yang GT01 Peach keseluruh bibir aku



Baru setelah itu aku timpa dengan lipstick dari maybelline yang NU34S so nude ^^

***

Aku harap postingan aku kali ini bisa bermanfaat buat temen - temen semua, emang sih sekalipun aku punya tips ini tapi aku nggak make tips ini untuk makeup sehari - hari, karena dalam kehidupan sehari - hari aku, aku emang jarang banget makeup, dan kalau aku makeup juga aku emang selalu pake eyeshadow yang matte tapi bulu mataku biasa aja, ngikutin bulu mata yang dimakeup sebelah kiri itu lho. hehehe... biar gimanapun aku lebih suka jadi diri sendiri, buat aku makeup cuma sihir yang bisa aku pake saat aku pengen tampil beda ^^

Selamat mencoba semuanya!!!

God bless ya...

Instagram

Facebook

Twitter

8 comments:

  1. Alhamdulilaaaahhhh setelah sekian lama akhirnya nemu blog yg pas buat mata aku Hooded. btw sebelumnya aku kira mata aku ini sipit kak ternyata hooded hahaha. dan yang pict bagian "DON,T" OMG I'M ALWAYS DO THAT AND THAT IS MAKE ME WEIRD AF HAHAHA setiap nikahan sodara pasti make up salonnya selalu gagal di muka aku dan muka aku jadi keliatan melas aneh gt kak wkwkw. makasih banget undah nulis ini kak bermanfaat bgt Big thanks! love you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng bisa tau kalau ada yg terbantu ^^ aku rasa setiap yg punya mata hooded eye emang punya masalah yang sama deh XD. next kalau ada kesempatan aku coba buatin postingan untuk hooded eye lagi buat makeup kondangan. Makasih udah mampir ya say. :)

      Delete
  2. Whoooa... aku baru tau ada yang namanya hooded lid..
    selama ini aku ga pernah apa-apain mata ku, pake eyeliner aja ga pernah, soalnya selalu jadi aneh & diketawain suami,
    pake jepit bulu mata mascara pun ga keliatan bekasnya..
    ternyata... :D
    makasih post nya.. membantu banget ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sist. Punya mata hooded emang suka ngerepotin kalau makeup. Tapi untungnya dengan belajar dan latihan semua bisa tertangani ^^

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Sama kaya mata aku selama ini ngerasa ga cocok pake make up mata macem2 ternyata namanya hooded eyelid ya thanks bgt infonya btw bisa kasih recomended gak merk eyeshadow yg ga ada shimernya

    ReplyDelete
  5. Macam mana mata jenis ini untuk makeup smokey eyes?

    ReplyDelete
  6. Btw sya cowo. Ga mau makeup aneh2 sih cuman gmn caranya biar mata ga keliatan ngantuk coz kelopak mataku kaya lebar gitu. Maksudnya biar ga keliatan loyo gitu. Tq yaa

    ReplyDelete