Wednesday 7 January 2015

5 Prinsip Dasar Menjadi Seorang Blogger

Sekarang dunia blogging udah nggak asing lagi ya ditelinga kita, bahkan jaman sekarang anak kelas 6 SD aja ada yang udah mulai blogging, nggak kayak jamannaya aku SD yang mainannya paling kejar-kejaran, main rumah-rumahan... LOL

Dan bicara soal blogging, kita banyak ngeliat kalau ada orang - orang yang jadi terkenal hanya lewat menjadi seorang blogger, makanya itu banyak banget orang - orang diluar sana yang pengen jadi blogger juga dengan motifasi agar mereka terkenal. Beda sama blogger-blogger dulu yang motifasinya mungkin masih murni karena ingin berbagi dan menginspirasi. Jadi, menjadi terkenal dan bahkan bisa mendapatkan penghasilan dari blogging nggak pernah terlintas dikepala mereka sama sekali, jadi itu semua adalah kayak hadiah atas kerja keras mereka dan ketekunan serta kesetiaan mereka bagi para pembaca setia mereka.

Mungkin diluar sana ada diantara teman - teman yang berniat untuk jadi seorang blogger dengan motifasi untuk menjadi terkenal??? Nggak ada salahnya sih kalau akhirnya teman - teman semua akan mengarah kesana. tapi akan lebih baik kalau motifasi itu dipendam dulu, dan mulailah melakukan yang terbaik terlebih dahulu dengan memberikan kualitas dan isi blog yang bermutu, jadi lewat dari kualitas isi dan tulisan dari blog kita itulah yang nantinya akan menentukan apakah blog kita akan dikenal orang atau nggak dan tentunya dikenal dengan yang baik-baik dong^^

Makanya dibawah ini nih, aku pengen bagiin sama teman - teman newbie dan calon-calon blogger lainnya tentang 5 prinsip dasar menjadi seorang blogger dalam pandanganku secara pribadi

1. Memberi/Berbagi


Memberi/berbagi adalah prinsip dari dunia blogging, blogger ngasih kita buat blog gratisan, skarang saatnya juga kita isi blog kita dengan berbagi ilmu gratisan yang pastinya bisa untuk membantu banyak orang. Lupakan dulu tentang apa yang akan kita terima nanti, lupakan dulu apakah kita akan menjadi terkenal atau nggak, pokonya kita memberi aja dulu dengan tulus, karena ketulusan hati kita itulah yang nantinya akan menjadi timbangan apakah kita layak dapat hadiah atau nggak.

2. Tulus & Sabar


Tulus dan sabar adalah merupakan kunci dari keberhasilan. Tulus dalam melakukan perkerjaan yang kita pilih yaitu seorang blogger, dan sabar dalam menghadapi resiko dari menjadi seorang blogger. Foto diatas sih sekilas nggak ada hubungannya sama ketulusan atau, tapi aku mau cerita sedikit. Tiga hari lalu mall tempat aku kerja ada sedikit masalah dengan mesin ticket, terpaksa dua satpam ini harus jagain mesinnya supaya nggak lari (kidding) padahal waktu itu panas banget dan sebentar - sebentar hujan panas, tapi mereka masih bisa senyum dan nggak mengeluh, masih bisa bercanda lagi. Dan buat aku mereka nggak akan kayak gitu kalau mereka nggak tulus sama pekerjaan mereka dan kalau mereka nggak sabar mungkin mereka udah minggat aja dari sana. Secara siapa sih yang mau berdiri diluar dengan cuaca hujan panas nggak jelas.

Sebagai seorang blogger atau calon blogger, mungkin diawal - awal blogging kita semangat banget (kayak aku), tapi saat menemukan satu titik dimana kita menyadari kalau ternyata blog kita sepi pengunjung dan kalo malam udah kayak rumah angker, terus kita mulai bawel, hitung-hitungan " Aku udah luangin nulis rajin sebulan 1kali terus beli paket internet, capek mikir... eeehhh pengunjungnya sepi. " atau " aku udah capek - capek buat tutorial cara nyambung kabel sampai kesetrum 10kali malah dikomentarin katanya tutorialnya nggak jelas a***** "

Kalau kita tulus dalam menjadi seorang blogger dan juga sabar menghadapi komentar-komentar yang kadang ngeselin, tentunya nggak akan ada nih keluhan - keluhan berlebih yang kayak gitu. Karna kita murni tulus untuk berbagi. Jadi terserah orang dong apakah mereka mau nerima apa yang kita bagiin atau nggak.

(postingan kali ini juga belum tentu semua orang bakalan setuju, tapi sabar aja. Karna aku emang tulus pengen berbagi XD)

3. Jujur


Dalam dunia blogging jujur itu juga penting banget lho... jujur didunia blogging yang kumaksud ini adalah menyangkut palgiat/penjiplakan atau copy-paste. Bukan jarang aku ngeliat isi blog yang taunya cuma jiplakan doang atau copy-paste aja kayak contohnya cara menghilangkan jerawat secara alami, jenis - jenis foundation, cara cepat untuk kurus/gemuk. Terus aku kebetulan pernah sebanyak dua kali liat blog yang ngejiplak karya blog favoritku. Parahnya dari kedua blog yang ngejiplak, ada satu blog nih yang jiplaknya sampai sampai dua karya milik blog favoritku itu. udah gitu watermarknya dihilangin lagi.

Cara kayak gitu bukan cara yang baik untuk memulai satu blog. Mungkin karena masih baru jadi masih bingung mau nulis apa, jadi iseng deh jiplak. Padahal kesan pertama setiap blog adalah penentu apakah blog kita akan jadi sukses atau nggak. Pengunjung akan memandang rendah blog yang isinya cuma hasil plagiat aja, juga nggak akan ada yang percaya sama apapun yang kita muat diblog sekalipun itu hasil kerja keras kita, karena orang udah terlanjur nggak percaya dan menganggap kita ini sebagai blogger copy-paste aja.

4. Komitmen/Serius


Kalau kita mau jadi seorang blogger, kita harus pikirkan juga masak-masak, karena menurutku, blogging kalau dijalankan dengan main - main itu sama aja kayak cuma buat spam nggak jelas. Kan ngeselin kan kalau kita ngunjungin sebuah blog yang ternyata tuh sebenarnya isinya keren, eeehhh... cuma ada dua postingan, itu juga dari tahun 2009. Sekarang 2015. Hehehe...

Kalau kita mau sukses, terutama lewat blogging ini, otomatis kita harus punya komitmen untuk paling nggak dalam seminggu kita punya satu postingan atau dalam sebulan ada dua sampai tiga post. Tapi bukan berarti karna kita pengen serius sama dunia blogging terus ada tugas sekolah atau kampus jadi terabaikan, atau karna pengen serius blogging terus hari ini ada ibadah youth atau ibadah raya, atau mungkin udah waktunya untuk solat malah dinomor duakan. Padahal kita pengen sukses sebagai seorang blogger, tapi gimana mau sukses kalau ternyata kita mengabaikan hal terpenting dalam hidup kita kayak pendidikan yang nantinya itu akan jadi dasar pengetahuan kita yang bisa jadi modal untuk blogging, dan kita mengabaikan Tuhan yang menjadi penolong kita dan sumber dari segala berkat yang kita miliki?

5. Libatkan Tuhan


Mungkin kita emang bisa berhasil tanpa Tuhan, karena kita ngeliat orang - orang sukses diluar sana yang bahkan belum tahu caranya berdoa, tapi keberhasilan seseorang akan semakin lebih indah kalau Tuhan ada ditengah-dintengah usaha dan keberhasilannya,

Buat aku, membiarkan Tuhan ikut campur tangan dalam perjalanan mulai dari awal aku memilih untuk terjun kedunia blogging sampai hari ini adalah keputusan yang paling bijaksana yang pernah aku lakukan dalam hidupku untuk pertama kalinya. Suka duka yang aku alami selama satu tahun tiga bulan ini nggak pernah buat aku berhenti bersyukur.

Kalian juga harus coba ^^

-------------------------------------------------------------

Mudah - mudahan dengan Tips 5 Prinsip Dasa Menjadi seorang blogger versi Miss Beautify ini, apapun cita-cita kalian bisa tercapai didunia blogging ^^

God bless

Baca juga

Alasan Dibalik Menjadi Beauty Blogger



Instagram

Facebook

Twitter

No comments:

Post a Comment