Sunday 21 September 2014

Alasan Dibalik Menjadi Seorang Beauty Blogger

Hari ini nggak ada LS, dan post kali ini sebenarnya udah cukup telat, karena seharusnya aku post di tanggal 13 (september 2014) kemarin. Tapi sekarang udah tanggal 21, jadi yah mau gimana lagi. Hehehe... Sebenarnya tanggal 13 kemarin itu adalah first annuversary untuk Miss Beautify dan tepat satu tahun juga aku aktif nge-blog dan aku sempat bingung gimana mau memperingati harinya, jadi aku mutusin untuk nulis cerita tentang alasan kenapa aku memutuskan untuk nge-blog.

Latar Belakang

Jadi awalnya, tepatnya itu sekitar lima bulan sebelum aku ulang tahun yang ke-20, aku teringat sama kehidupanku dimasa remaja yang cuma diisi dengan masalah, masalah, dan masalah sampai aku kehilangan waktu untuk menikmati masa remajaku. Dan dari situlah aku mulai mikir untuk aku pengen menikmati sisa masa remajaku supaya aku nggak nyesal, dan aku pengen menikmati sisa masa usia belasanku itu dengan melakukan hal - hal yang positif mengingat dulu aku nggak punya prestasi apapun setelah usiaku 15 tahun, aku terlalu sibuk dengan masalahku dan pemberontakanku sampai - sampai disekolahpun aku dikenal sebagai murid perempuan paling badung disekolah yang bolos selama berbulan - bulan tapi berani nunjukin muka dihadapan guru dan kepala sekolah, suka ngelawan guru dan nggak pernah ada rasa hormat. Semua orang kayak merasa tertipu dengan penampilanku yang kelihatan culun dengan rok panjang, baju rapi, pake kaca mata dan rambut ekor kuda. Jadi karena ingatan dimasa lalu itulah aku berpikir untuk paling nggak aku punya cerita dimana aku juga pernah punya masa remaja dengan prestasi atau paling nggak aku bisa buktiin sama diriku sendiri kalau aku ini berguna buat diriku sendiri, dan untuk pertama kalinya dalam hidupku aku kepengen ngelakuin hal - hal yang aku sukai tanpa harus dilarang - larang sama orang lag, yang buat aku seneng, dan tentunya positif. Aku masih ingat waktu aku curhat sama temenku, aku bilang aku pengen nikmati sisa usia belasanku, tapi dengan ngelakuin hal yang positif. Temenku itu cuma tanya hal positif gimana yang kumaksud, dan aku jawab  aku juga nggak tau. Karena saat itu aku bingung mau ngelakuin apa, aku dulu penari, nglatih nari, jadi aku pengen nari lagi dan ngajar lagi, tapi aku mau nari dimana? dan ngajar siapa? Aku juga bingung. Dulu aku pemain musik, punya tim sendiri, dan aku pengen main musik lagi... tapi masalahnya mau main musik dimana? Aku bingung, sampe akhirnya waktu itu aku lagi duduk sambil cari lagunya planetshaker yang judulnya beutifyl saviour di google, dan munculah semua kata beuaty sama beautiful, dan disitulah pertama kalinya aku liat ada makeup tutorial di youtube, dan akhirnya aku temukan apa yang aku mau. Aku suka makeup, kenapa aku nggak belajar makeup aja? Dan hari itu juga aku langsung nyari di google apa aja yang aku butuhkan untuk mulai belajar makeup

Pertama Kali Mengenal Blog

setelah aku temukan apa aja semua yang aku perlukan, aku mulai cari review dari apa itu foundation, apa itu bb cream, terus cara pakai eyeliner karena aku nggak tau apa - apa tentang benda - benda itu, sampai akhirnya aku ketemulah sama satu blog yang namanya my-lovely-sister.blogspot.com yang ngasih review lengkap tentang BB Cream, dan aku juga liat tips makeup mereka, dan pada saat itu sebenarnya aku masih buta sama yang namanya blog, jadi aku nggak tau kalau blog itu adalah blog pribadi ce Ai Ni sama Eve. Sampai akhirnya setelah lama aku menjelajahi blog mereka aku baca satu kalimat yang bunyinya " ayo ikutan ngeblog " dari blog mereka dan aku baru tau kalau ternyata itu blog pribadi mereka dan blog itu bisa dimiliki sama siapa aja. Jadi aku langsung cari - cari kata buat blog dan ketemulah blogger.com tapi aku nggak langsung buat, karena aku nggak tau blog aku itu untuk apa.

Makeup

Beberapa hari setela aku merasa udah pasti dengan makeup apa aja yang akan aku beli, dan BB Cream apa yang mau aku beli, akhirnya aku pergi kesalah satu mall untuk cari peralatan makeup, dan disana aku dibuat bingung, karena dari lantai satu, dua, tiga, empat, lima, semua ada konter - konter makeup yang namanya asing banget jadi aku abaikan ( padahal ternyata itu konter makeup yang high end. hehe.. ) dan aku terusin langkahku ke konternya maybelline sama silky girl, yang letaknya dilantai dua, dan disanalah aku beli BB Cream, eyeliner, consealer, eyeshadow, bedak, mascara, sama penjepit bulu mata. Dan sampai dirumah aku mulai cari tutorial makeup dan ngikutin semua langkah - langkahnya, dan ternyata eyeliner paling susah ( waktu SMP pernah nyoba tapi gagal ). Hehehe... Dan setelah tiga, empat bulan baru aku bisa bener - bener merasa cukup mengenal makeup dan kuas - kuasnya, dan cara makeupnya sendiri.

Memulai Blogging

Setelah empat bulan belajar banyak tentang makeup itulah aku akhirnya temukan hal positif apa yang aku sukai dan yang bisa buat aku seneng yang akan aku lakukan sebelum aku melepas usia belasanku, dan tepat tanggal 11 September 2013 aku mutusin untuk ikutin jejaknya ce Ai Ni sama Eve untuk jadi seorang beauty blogger. Dan keputusan aku itu adalah lebih kepada pengen nyenengin diri aku sendiri dengan ngelakuin hal - hal yang berguna yang paling nggak, bisa buat aku punya cerita dimana akhirnya aku merubah pandanganku dan citra buruk sama diriku sendiri, jadi tepat tanggal 13 September 2013 aku buat blogku ini dan dihari yang sama juga langsung aku isi dengan makeup tutorial yang aku dapat dari youtube, tapi akhirnya aku hapus karena aku ngerasa nggak puas dengan mempostkan sesuatu yang bukan dari karyaku sendiri. Dan post pertamaku yang memang adalah hasil karyaku sendiri itu adalah review tentang masker rambut dari Dove.

Dan pada waktu itu nama blogku ini masih I Beuty, tapi nama itu cuma sekedar nama tanpa arti atau alasan yang tepat dari aku untuk blogku kenapa namanya I Beauty


gambar diatas adalah tampilan header pertama dari blog Miss Beatify ini waktu masih I Beauty :)


Nggak lama kemudian aku rubah nama blog ini jadi Miss Beautify setelah aku sekian lama mikirin nama yang cocok untuk blogku dan akhirnya jatuhlah sama Miss Beautify yang aku pilih berdasarkan latar belakan kenapa aku mau buat blog, belajar makeup, itu semua karena aku adalah seorang perempuan yang memiliki keinginan untuk membuktikan kalau aku ini seorang yang berguna dan juga punya cerita yang indah diusia belasanku, yang dalam kata lain aku seorang perempuan yang punya keinginan untuk memperindah sisa usia belasannya, maka jadilah, Miss beautify. Dan sejak menggunakan nama Miss Beautify ini aku jadi nggak cuma kepengen memperindah kisah usia belasanku dengan makeup, tapi juga dengan hal - hal positif lainnya, aku mulai semakin dekat dengan Tuhan dan memperindah kehidupanku dengan membina hubungan yang semakin erat dengan Tuhan, dan membagikan pengalaman hidup, kebaikan Tuhan, dan gimana indahnya hidup dalam Tuhan dalam blog ini, jadi aku mau saat aku bilang aku adalah " Miss Beautify " itu bukan cuma berarti mempercantik atau memperindah penampilan dengan makeup, tapi juga hidup dan hubungan dengan Tuhan, pola pikir, tingkah laku dan kepribadian itu harus di "dandani ". Jadi cantik itu luar dan dalam. Makanya aku buat Miss Beautify, Beautify Your Life, Beautify Your World, Beautify Everything. Karena itulah yang aku mau. Dan Sampai saat ini kata Miss Beautify ini udah jadi bagian dalam diri aku, dan aku pengen ngajak semua orang, siapa aja yang baca blog ini bakalan jadi " Miss Beautify " juga. Terus satu hal lagi, dari yang awalnya aku ngeblog itu cuma untuk diriku sendiri, sekarang aku ngeblog itu udah bukan cuma sekedar pengen ngasih cerita indah diusia belasanku atau sekedar untuk membuktikan kalau aku nggak cuma anak badung yang yang bodoh, tapi aku juga punya sesuatu yang berguna, tapi sekarang aku nge- blog adalah karena selain nulis itu salah satu hobiku, aku nge-blog saat ini juga termotifasi untuk bisa menginspirasi paling nggak satu dari sepuluh orang. Oku juga pengen memotifasi para pembaca Miss Beautify ini untuk bisa lebih percaya diri dengan penampilan mereka dengan makeup, lebih bisa belajar positif, menjadi orang - orang beragama yang dekat dan takut akan Tuhan, melihat pengalaman pahit dari sisi yang berbeda, menjadi orang - orang yang berjiwa besar dan tentunya bisa menjadi berkat dan inspirasi buat orang lain.

Nah, kalau kalian bukan cuma sekali atau dua kali mampir keblog ini, kalian pasti tau kalau Miss beautify sering ganti - ganti ganti " wajah... " hehehe


Aku pernah nukar tampilan Miss Beautify dengan header yang kayak gamabar diatas itu


Terus nggak lama ganti lagi karena ngerasa kurang cocok dimata dan dihati... hehehe


Terus, yang belum lama ini aku sempat ganti headernya dengan tampilan kayak gambar diatas ini ( cuma 2 hari )


Dan akhirnya aku ganti lagi sama yang sekarang yang untuk saat ini sih pas dimata dan dihatiku. Designnya nggak terlalu kekanakan kayak sebelum - sebelumnya. Hehehe... Mudah - mudahan sih ini bakalan netap, soalnya ganti - ganti header melulu itu nggak bagus ^^

Pengalaman Selama Blogging

Kalo bicara soal pengalaman sih aku masih terlalu awal untuk bicara soal pengalaman, tapi kalau untuk kayak setelah ngeblog aku akui mulai ada yang minta aku dandanin kalau mau kepesta - pesta gitu, dan mulai banyak juga yang sering minta saran makeup ( itu untuk dikehidupan nyata, alias dilingkungan ). Tapi kalo ditanya soal pelajaran apa yang aku dapat selama setahun nge-blog ya, ada, aku belajar untuk berkembang dan menjadi diri sendiri. Kalo pada awalnya sih aku jujur aja karena mungkin aku keseringan baca blognya my-lovely-sister.blogspot.com gaya aku nge-blog itu hampir ngikut-ngikutin My Lovely Sister, sekalipun pastinya blog mereka emang lebih bagus. hehehe... tapi aku ngerasa nggak nyaman aja dengan kesan yang ikut - ikutan itu, karena aku ngerasa kayak nggak punya ciri khas dan plagiat sekalipun mungkin cuma 20% aku terikut - ikut gaya mereka, makanya pada akhirnya aku mulai nyari, nyari, dan terus nyari ciri khasku dan akhirnya sekarang aku mulai bisa jadi diriku sendiri dan nggak lagi terbawa - bawa sama blog kesayanganku yang terus menginspirasi aku, My Lovely Sister :)

Terus hal lain yang aku pelajari juga adalah untuk tetap jujur dalam menyampaikan review, terus nggak sok tau dalam ngasih tutorial atau tips ( karena di awal nge-blog dari salah satu makeup tutorial yang pertama atau mungkin yang kedua di blog aku ini yang pernah aku bagiin aku ngerasa bahasaku dan cara penyampaianku kayak sok tau gitu. hehehe... )

Terus kembali kepengalaman selama ngeblog, aku juga jadi banyak belajar soal skin care dan aku sadar kalau ternyata selama aku nge-blog, sambil nge-blog aku juga jadi sambil belajar banyak hal tentang makeup, life's lessons yang sering aku kasih dihari minggu, dan banyak hal lagi deh yang ternyata aku justru baru tau dan pelajari selama aku nge-blog ini :)

Harapan Kedepan

Kalo untuk harapan kedepan dengan Miss Beautify ini sih aku pengen aku dan blog ku bisa semakin diberkati dengan memberkati banyak orang, menginspirasi, berguna, dan pastinya bisa lebih baik dari sekarang ini, dan aku juga berharap bisa beli kamera yang bagus supaya gambar - gambar di blog ini bisa enak dilihat dan lebih jelas. Karena sekarang aku masih pake kamera yang 5MP dari galaxy noteII ku :(
Tapi kayaknya dua bulan lagi udah bisa beli deh, atau setelah aku selesaikan proses pengobatan kankerku sekarang ini. Hehehe... Amin...

***

Jadi itulah latar belakang kenapa aku bisa jadi beauty blogger, dan buat kalian yang sekarang lagi bingung mau ngelakuin apa sebelum usia kalian masuk ke usia 20 ( bulan depan aku 21 ngomong - ngomong. hehehe... ) pastiin aja kalian ngelakuin sesuatu yang kalian suka dan tentunya dalam hal yang positif, dan kalau kalian mau ikutin jejakku, ayo ikutan ngeblog juga ^^

God bless ya...

No comments:

Post a Comment