Saturday 13 September 2014

LS Ep #15: Kecanduan Makeup???

Makeup adalah sesuatu yang sangat luar biasa, cuma dengan makeup kamu bisa ngerubah diri kamu menjadi apa aja yang kamu mau dan menyerupai siapa atau apa saja...

pic from http://sfglobe.com/?src=fbfan_903&id=903
Mulai dari yang biasa aja auranya bisa kaluar dan kelihatan berbeda

From http://sfglobe.com/?src=fbfan_903&id=903
Kamu bisa juga nutupin kekurangan diwajah kamu




From http://kaumhawa.com/20-foto-make-aneh-dan-unik-di-dunia/

Kemudian cuma dengan makeup juga kamu bisa merubah diri kamu menjadi seperti apa aja dan siapa aja.


Dari yang sehat bisa jadi kelihatan sakit. Pokoknya makeup udah kayak tongkat peri cindarella.

Tapi apa kalian tau makeup bisa mengakibatkan resiko buruk pada kepercayaan diri kita, atu bisa buat kita kecanduan???

Aku mau sedikit cerita tentang pengalaman pribadi aku yang hampir banget kecanduan sama makeup dan berkurangnya kepercayaan diri kalau nggak makeup sangking seringnya aku menggunakan makeup tiap hari dan udah susah banget mau keluar rumah tanpa makeup.

Jadi, awalnya aku suka sama dandanan yang natural


Karena nggak banyak merubah keaslian dari wajah aku dan cuma buat aku terlihat lebih segar, kemudian aku mulai iseng nyoba gaya makeup yang baru yaitu kayak yang biasanya jadi gaya cewek - cewek yang sering banget aku liat di mall dengan foundation tebal, smokey eye, eyeliner bentuk cat eye, dan bulu mata palsu, jadi aku coba untuk ngikuti gaya mereka ( itu juga karena saat itu aku masih belum jadi diri sendiri )

Ooops... ini contoh aja :)
Akhirnya karena aku keseringan dandan tebal tiap harinya, aku jadi jarang banget liat keaslian dari wajah dan mataku, dan suatu hari waktu aku mau keluar untuk beli sayur ke mini market dan aku mikirnya untuk " agh udahlah, nggak usah dandan. " jadi aku cuma bercermin untuk mastiin penampilan aku cukup rapi dengan kaus merah dan celana jeans panjang sama rambut yang nggak pernah ku sisir tapi tetap rapi. lol. tapi apa yang terjadi saat itu buat aku sadar akan satuhal, aku ngerasa minder dan nggak PD banget keluar rumah tanpa pakai makeup tebal diwajahku, tanpa eyeliner dimata, mata yang smokey, dan wajah yang nggak tersentuh foundation sama sekali, aku jadi sadar saat itu juga kalau aku udah kecanduan makeup dan udah kehilangan kepercayaan diriku untuk tampil apa adanya aku tanpa sedikitpun makeup diwajahku kayak waktu aku masih belum begitu kenal sama makeup. Sejak hari itu aku mulai ngebiasain diri aku untuk mulai kembali terbiasa degan wajah tanpa makeup dan kalaupun mau pakai makeup aku lebih berusaha tampil senatural mungkin hingga secara perlahan aku bisa jadi diri sendiri dan temukan konsep makeupku sendiri, dan untuk makeup tebal aku cuma pakai disaat yang tepat. Hehehe...

------------------------------------------------

Jadi sekarang gimana caranya kalau diantara teman - teman semua mungkin ada yang suka dengan makeup tebal sehari - harinya atau itu mungkin merupakan tuntutan dari pekerjaan kamu tapi nggak mau kecanduan dengan makeup dan kehilangan kepercayaan diri untuk tampil tanpa makeup??? Jadi aku udah nyiapin tips yang sebenarnya emang datang dari aku sesuai pengalaman aku.

1. Mengurangi Kebiasaan

Yang aku maksud disini adalah dengan mengurangi kebiasaan ber-makeup setiap hari, paling nggak ambil waktu seminggu sekali sampai dua kali untuk membiasakan mata kamu melihat wajahmu yang lagi tanpa makeup, karenan rata - rata orang yang setiap hari pakai makeup akan selalu bercermin dibandingkan sama orang yang nggak pake makeup sama sekali ^^ jadi otomatis karena sangking seringnya bercermin, jadi orang itu terbiasa melihat wajahnya yang full makeup dibandingkan sama wajahnya yang nggak menggunakan makeup sama sekali :)

2. Makeup Natural

Mungkin mulai mencoba membiasakan bermakeup natural bisa sedikit membantu, jadi kamu nggak akan terlalu kaget atau masih merasa kurang percaya diri dengan keluar rumah tanpa makeup atau cuma sekedar melihat diri kamu didepan cermin ^^

3. Memulai Kebiasaan Baru

Setelah kamu mulai merasa cukup terbiasa dengan melihat diri kamu dalam makeup yang tipis atau natural, berarti udah saatnya untuk memulai kebiasaan baru, yaitu membiasakan diri untuk nggak lagi begitu tergantung dengan makeup. Jadi Sesuai pengalaman aku, setelah aku merasa udah cukup mulai terbiasa dengan dandanan yang natural aku mulai membiasakan diri aku untuk nggak setiap hari pake makeup diwajah, dan sampai hari ini aku pake makeup dalam seminggu paling cuma dua sampai tiga kali. Tapi kalau mungkin makeup setiap hari udah jadi tuntutan buat perkerjaan kamu, cukup biasakan untuk nggak pake makeup sama sekali misalnya waktu kamu mau keluar rumah misalnya cuma untuk kesuper market, atau sekedar nyantai diluar. Kalau aktifitas yang kamu lakukan seharusnya nggak perlu pake makeup sebaiknya nggak usah, karena sebenarnya dasar dari kecantikan bukan cuma makeup tapi juga perawatan. Kalau makeup cuma untuk sembunyiin kulit kusam dan jerawat, lebih baik melakukan perawatan rutin dan sebisanya biarkan kulit kamu bernafas ^^

***

Jadi itulah dia sedikit tips dari aku hari ini, semoga bisa jadi sesuatu yang bermanfaat buat temen - temen semua, kalau kalian punya tambahan silahkan tinggalkan komentar kalian...

God bless ya

No comments:

Post a Comment