Friday 11 July 2014

Cara Bermain Gitar: Kunci C


Sebenernya udah dari tahun lalu pengen buat post tentang ' music tutorial ' tapi aku suka nggak PD gitu karena aku sendiri bukan pro dalam musik, main gitar sama piano aja aku bahkan nggak pernah belajar cuma tiba - tiba aja bisa. Tapi setelah aku pikir - pikir kenapa nggak buat aja, aku kan cuma pengen share apa yang aku tau bukan apa yang aku handal. Jadi mungkin harap maklum kalau cara penyampaiannya agak gimana gitu. Hehehe...

Well, beautify your world dengan musik.

Langsung aja ke tutorialnya.

Kali ini kita akan belajar kunci C dan kawan - kawan soalnya menurut aku kunci ini udah yang paling gampang baik untuk piano bahkan gitar. Semoga tutorial ini cukup jelas ya. Hehehe

Sedikit perkenalan dulu sama gitar, disini kita punya 6 string dan kalian pasti pernah dengar orang nyebut tali 1, 2, 3 sampai enam. Dan banyak kekeliruan dari para pemula yang mengira S1 adalah yang paling atas, jadi aku akan perkenalkan dulu mana S1 sampai S6.

Yang diberi titik:
Coklat = 1
Hijau   = 2
Biru     = 3
Ungu   = 4
Merah = 5
Kuning =6



Selanjutnya adalah baris atau yang biasa disebut fret.


Aku rasa yang ini nggak usah panjang lebar jelasinnya, kalian bisa liat digambar mana fret 1, 2, 3 sampai fret terakhir. Tapi aku ambil sampai 3 fret aja karena kita cuma akan bermain di 3 fret ini.

Nada C



1. Jari telunjuk pada String 1 dan fret ke 1

2. Jari tengah pada string 4 dan fret ke 2

3. Jari manis pada string 5 dan fret ke 3

Nada F




1. Jari telunjuk menekan 2 string sekaligus yaitu string 1 dan 2 pada fret 1.

2. Jari tengah pada string 3 dan fret ke 2

3. Jari manis pada string 5 dan fret ke 3

4. Jari kelingking pada string 4 dan fret ke 3

Nada G


1. Jari kelingking pada string  1 dan fret ke 3

2. Jari tengah pada string 6 dan fret ke 3

3. Jari telunjuk pada string 5 dan fret ke 2

Nada Am (m=minor)



1. Jari telunjuk pada string 2 dan fret ke 1

2. Jari tengah pada string 4 dan fret ke 2

3. Jari manis pada string 3 dan fret ke 2

Nada Em


 

1. Jari tengah pada string 5 dan fret ke 2

2. Jari manis pada string 4 dan fret ke 2

Nada Dm



1. Jari telunjuk pada string 1 dan fret ke 1

2. Jari tengah pada string 3 dan fret ke 2

3. Jari manis pada string 2 dan fret 3


************************************************************************

Maaf kalau mungkin cara dan penjelasannya masih kurang lengkap atau masih sulit dipahami, maklum aja aku hanya orang yang tau sekedar tau karena emang nggak ada basic sekolah khusus musik. Hehehe...

Good Luck

Gbu

No comments:

Post a Comment