Sunday 13 July 2014

LS ep #9 : Salah Nggak Sih Musik Dan Tarian Di Gereja???

Foto diambil dari Instagram ( hillsong united )

Sebenarnya pada awalnya aku agak ragu untuk memposting tulisan ini karena rasanya akan agak sedikit menuai kontra dari beberapa orang. Tapi akhirnya ya aku putuskan kenapa nggak di post aja, selagi ini nggak menjelekan atau menyinggung perasaan orang lain juga bukan sesuatu yang negative nggak ada salahnya.
Huft... agak deg degan sampe tanganku dingin gini.
Sebelumnya aku nggak ada maksud lain selain ingin mengemukakan pendapatku aja pada postingan kali ini karena aku merasa terbeban aja dari dulu untuk bicara soal musik dan tarian digereja, maksudku bukan penari tamborinnya aja, tapi jemaat - jemaat, worship leader, pemain musik yang memuji Tuhan sampai menari - nari yang sedikit mengundang pandangan negatif dari beberapa orang.

Beberapa waktu yang lalu saat aku lagi nonton video Natal GBI Mencimai di sini temenku tanya itu video apa dan aku bilang itu video natal gereja, dan mungkin karena merasa aneh dan nggak biasa dengan suasana itu dia bilang kok gereja sekarang kayak diskotik, kayak bukan tempat ibadah orang kristen. Dan dia ngaku sering liat di youtube cara ibadah yang menurutnya nggak pantas karena para jemaat nyanyi sambil joget, ada penari digereja, pake musik full band.


Dari situ aku sadar, pasti masih banyak lagi anak - anak muda yang kurang faham sama konsep gereja saat ini. Padahal menurut aku semua itu boleh - boleh aja selagi kita mempersembahkan untuk Tuhan seperti kisah raja Daud yang menari - nari pada 2 Samuel 6:5, saat itu juga raja daud dianggap tidak tau malu oleh Mikhal dan dijawab oleh raja Daud pada ayat 21 - 22 dimana Daud berkata bahwa Ia menari untuk Tuhan.


Aku nggak bisa nyalahin orang yang berpikir bahwa Gereja sekarang mulai nyeleneng dengan mengikuti gaya dunia karena pada dasarnya gereja melewatkan hal penting ini, menjelaskan dan memberi pandangan kenapa gereja melakukan itu atau kenapa gereja sekarang menerapkan konsep itu.
Sebenarnya dalam pandanganku saat ini gereja mulai mengambil kembali apa yang dulu sempat terlewatkan dan dicuri oleh iblis dan ingin menempatkan itu semua pada tempat yang seharusnya, yaitu ditempatnya Tuhan.

Aku masih ingat seorang Pastor pernah bilang gini, " sebenarnya musik itu sejak awal punya Tuhan, tapi iblis berhasil mencurinya karena dulu anak - anak Tuhan kurang peka. Sekarang sudah saatnya kita merebut kembali apa yang seharusnya sejak awal dipersembahkan untuk Tuhan ". Aku setuju banget soalnya sekarang anak - anak muda milih hadir dikonser - konser dunia dibandingkan kegereja karena gereja terasa membosankan padahal anak - anak muda itu adalah generasi penerus.

Foto Natal GBI Kelir Mencimai ( Kal-Tim )

Sekarang gereja mulai mengembalikan apa yang seharusnya sejak awal menjadi milik Tuhan dan sebagai sarana untuk menjangkau anak - anak muda, tapi sebagian orang rernyata malah kabur dari gereja karena merasa gerejanya kok sesat karena para jemaat mulai yang nyanyi digereja memuji Tuhan tapi kok sambil joget loncat - loncat gitu. Padahal sejak awal Tuhan yang ngasih hikmat dan kepandaian pada manusia untuk menciptakan tarian dan musik kedunia ini, dan pilihan ada ditangan manusia, ingin dipersembahkan untuk siapa semua itu? Pada Tuhan yang sudah memberikan hikmat itu atau pada yang lain?

Semua yang datang dari Tuhan itu harus dipersembahkan kembali untuk Tuhan.

Suka cita saat memuji Tuhan buat orang - orang ingin melakukan berbagai macam hal untuk menyenangkan kembali hati Tuhan, malah kadang nggak cuma menari aja lho, tapi malah bisa sampai yang nangis - nangis mengucap syukur gitu dan masih banyak deh manifestasinya. Jadi jangan heran kalau suatu hari digereja terjadi yang seperti itu, kalau itu bukan dari Tuhan pasti Tuhan akan kasih kepekaan sama tim doa atau hamba Tuhan yang ada disana. Tapi sejauh iman kita kuat roh jahat nggak akan nyusup kok.


Well sebagai penutup aku cuma mau bilang, Musik adalah milik Tuhan, Tarian adalah milik Tuhan. Semua yang Tuhan anugrahkan harus dipergunakan untuk memuji dan menyenangkan hati Tuhan.

Nggak ada yang salah sama orang - orang yang mau menari buat Tuhan, bermain musik buat Tuhan.  Jadi jangan takut untuk melompat, menari buat Tuhan, Tuhan akan senang dengan persembahan kita itu. Kalau itu salah Tuhan pasti udah meniadakan semua sebelum seluruh gereja Tuhan menggunakan musik dan tarian digereja.

Tutup mata dan buka hati, jadi kita bisa tau mana yang yang dari Tuhan dan mana yang bukan.

Gbu.



Instagram: @miss_beautify
Facebook : Miss Beautify
Email        : ai.missbeautify@gmail.com

No comments:

Post a Comment